RESUME WEBINAR INTERNATIONAL VISITING LECTURE SERIES

 WEBINAR INTERNATIONAL VISITING LECTURE SERIES

Tema:

"The Implementation of Multimedia Learning Theory in Education"


Pembicara:

Asst. Prof. Dr. Elin Eliana Binti Abdul Rahim

Disusun Oleh:

HERU ARBIANTO

NPM :22312004


Dosen :

Heni Susilawati, M.Kom.



Webinar "International Visiting Lecture Series" di adakan melalui daring (zoom) pada hari Jum'at, 9 Desember 2022 pukul 15.00 – SELESAI. Pemateri webinar kali ini dibawakan oleh narasumber Asst. Prof. Dr. Elin Eliana Binti Abdul RahimWebinar ini diadakan secara gratis dan diikuti oleh mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia.

Materi
1. Multimedia


Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi. Contoh Penggunaan teknologi Multimedia adalah sebagai berikut :
- Kesehatan
- Pendidikan
- Terapi


kelebihan Multimedia
- Mudah Digunakan
- Peningkatan Pesan teks
- Meningkatkan Dari presentassi audio ke video
- memperoleh perhatian


kekurangan Multimedia
- Mahal
- Tidak selalu mudah dikonfigurasi
- Memerlukan perangkat keras khusus
- Tidak selalu Kompatibel


berikut adalah prinsip pembelajaran multimedia


2. Virtual Reality atau VR


Realitas virtual adalah pengalaman simulasi yang menggunakan pelacakan pose dan tampilan mata dekat 3D untuk memberi pengguna perasaan mendalam tentang dunia virtual. Aplikasi realitas virtual meliputi hiburan, pendidikan, dan bisnis.

Prinsip kedekatan spasial
Pembelajar lebih baik ketika ditempatkan di dekat yang bersesuaian darpada berjauhan satu sama lain.

Prinsip kedekatan Waktu
belajar lebihh baik ketika kata-kata dan gambar disajikan secara bersamaan bukannya berurutan.

Prinsip redundansi
Animasi dan narasi, bukan animasi, narasi dan teks, saluran visual akan kelebihan beban karena animasi dan teks di layar disajikan dalam format " berbasis visual "

3. Augmentedd reality ( AR )


Augmented reality adalah pengalaman interaktif yang menggabungkan dunia nyata dan konten yang dihasilkan komputer. Konten tersebut dapat menjangkau berbagai modalitas sensorik, termasuk visual, auditori, haptik, somatosensori, dan penciuman.

4. Pelajar Visual atau Verbal

A. Pembelajar visual mengingat dengan baik apa yang mereka lihat-gambar, diagram, diagram alir, film, dan demonstrasi. Lalu bagaimana pembelajar visual dapat membantu diri mereka sendiri? Yaitu dari diagram sirip, sketsa, skema, foto, diagram alir, atau representasi visual lainnya dari materi kursus yang sebagian besar bersifat verbal.

B. Pembelajar verbal mendapatkan lebih banyak dari penjelasan kata-kata tertulis dan lisan. Lalu bagaimana pembelajar verbal dapat membantu diri mereka sendiri? Tulis ringkasan atau garis besar materi kursus dengan kata-kata Anda sendiri. Bekerja dalam kelompok - untuk mendapatkan pemahaman materi dengan mendengarkan penjelasan teman sekelas.

Gaya Belajar Felder-Silverman mo


5. Faktor - Faktor Yang mempengaruhi belajar

a.) Kesiapan teknologi
b.) Pengatahuan/Literasi Teknologi
c.) Fasilitas
d.) Keuangan
e.) Emosional


6. Apa Arti dari My result ?

Menurut model yang menjadi dasar ILS, ada empat dimensi gaya belajar, dengan masing-masing dimensi memiliki dua kaltif yang berlawanan dan reflektif). Skor yang dilaporkan untuk suatu dimensi menunjukkan preferensi Anda untuk satu kategori atau yang lain.

skor Anda untuk suatu dimensi adalah 1 atau 3, dan Anda memiliki keseimbangan yang cukup baik pada dua kategori dimensi tersebut, dengan sedikit preferensi untuk satu atau tiga dimensi.

skor Anda untuk suatu dimensi adalah 5 atau 7, Anda memiliki preferensi sedang untuk satu kategori dari dimensi itu. Anda mungkin kurang mudah belajar di lingkungan yang mengutamakan preferensi itu setidaknya beberapa kali daripada di lingkungan yang lebih seimbang.

skor Anda untuk suatu dimensi adalah 9 atau 11, Anda memiliki preferensi yang kuat untuk satu kategori dimensi tersebut, Anda mungkin mengalami kesulitan belajar di suatu lingkungan untuk menangani preferensi tersebut setidaknya untuk beberapa waktu.

Komentar